Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan B

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Pada kesempatan kali ini kami dari kelas Rekayasa Kebutuhan B yang beranggotakan : 

  • Ridho Ajiraga Jagiswara (05111940000170)
  • Ahmad Luthfi Hanif (05111940000179)

Akan membahas mengenai analisis proses elisitasi kebutuhan pada aplikasi "Portal Game Edukasi".

Berikut dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dari perangkat lunak tersebut :

Deskripsi Aplikasi

Sistem informasi yang akan dikembangkan adalah website portal game edukasi, perangkat lunak ini merupakan sebuah Website portal game berbasis edukasi yang digunakan sebagai sarana pendidikan untuk mempermudah proses belajar mengajar bagi segala kalangan. Website ini dapat memainkan game yang disediakan secara streaming langsung dari server kepada pengguna dengan menggunakan browser, contohnya Mozilla Firefox, Google Chrome, dll. Pengguna atau pemain dapat memberi feedback dan review terhadap game yang dimainkan, sedangkan bagi para developer, selain bisa mengunggah permainan-permainan yang mereka buat ke dalam website ini, juga bisa melihat rating dan review yang telah diberikan oleh pengguna.

Elisitasi

Elisitasi kebutuhan adalah tahap pertama dari rekayasa kebutuhan perangkat lunak. Proses ini digunakan untuk menentukan kebutuhan suatu sistem dengan berkomunikasi kepada calon pengguna.
Pada elisitasi kebutuhan ini, kami menggunakan metode wawancara untuk mencari informasi yang diperlukan. Beberapa hal untuk mendukung di antaranya dapat dijelaskan sebagai berikut :

List Pertanyaan

  1. Apa saja masalah/keresahan yang Anda rasakan sehingga tercetus ide untuk membuat sistem ini?
  2. Siapa saja yang akan memakai sistem ini?
  3. Bagaimana proses bisnis portal game edukasi ini?
  4. Apa yang Anda butuhkan sebagai pengguna dari perencanaan pembuatan sistem ini?
  5. Apa yang menurut anda yang bisa dikembangkan dalam sistem anda?

Identifikasi Stakeholder

Stakeholder yang terkait dengan portal game edukasi ini adalah:

  • Developer: Bertanggung jawab atas berjalannya aplikasi game yang diupload pada portal
  • Pengguna Game: Mengakses dan mengeksekusi game dalam portal
  • Advertiser: Bertanggung jawab atas konten iklan yang dipasang pada portal
  • Pemilik Portal: Bertanggung jawab atas semua proses bisnis yang berjalan pada portalnya

Identifikasi Kebutuhan

Berikut adalah daftar kebutuhan setelah dilakukan observasi.

  • Kebutuhan fungsional

  1. Pengguna dapat melakukan proses searching/pencarian game
  2. Developer dapat mengunggah game buatannya
  3. Pengguna dapat memberi rating dan feedback untuk masing-masing game
  4. Pengguna dapat melakukan insert coment artikel
  5. Pengguna dapat dapat mememilih rating game
  6. Pengguna dapat memainkan permainan game secara streaming
  7. Administrator dapat mengelola artikel yang berhubungan dengan pendidikan atau pengembangan game
  8. Administrator dapat mengelola advertising untuk keperluan komersial game
  9. Administrator dapat mengelola game yang akan dipublish pada web portal
  10. Administrator dapat mengelola developer yang akan menjadi member web portal

  • Kebutuhan non fungsional
  1. Reliability
    • Sistem dapat bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
    • Sistem dapat mencatat seluruh transaksi terkait yang terjadi pada pengaksesan website sehingga dapat mempermudah dalam penanganan suatu masalah.          
  2. Usability
    • Website harus dapat diakses dari segala sistem operasi, contohnya windows maupun linux dengan menggunakan software web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge.
    • Terdapat bantuan berupa panduan penggunaan dan/atau FAQ agar pengguna bisa lebih mudah memahami aplikasi web ini.
  3. Performance
    • Sistem harus memiliki waktu respon kurang dari 1 menit untuk setiap aksi pergantian page atau pencarian game
    • Sistem harus memiliki waktu respon kurang dari 2 menit untuk setiap proses pemuatan game sebelum dimainkan.
  4. Security
    • Setiap data yang dimasukkan seperti data akun, permainan, artikel, atau iklan, akan tersimpan di database MySQL.
    • Pengguna dengan tipe developer dan administrator harus memasukkan username dan password dengan benar untuk bisa mengakses fungsionalitas sistem sesuai dengan jenis akunnya.
    • Sistem harus dapat menjaga keamanan data dan akun pengguna, contohnya dengan menerapkan enkripsi saat menyimpan password akun pengguna di database.
  5. Maintainability
    • Sistem harus selalu dirawat agar pengguna tidak mengalami kendala saat mengakses web, dan sewaktu-waktu diperbarui/ditambahkan layanannya agar pengguna tidak bosan.
    • Maintenance sistem dilakukan secara periodik setiap bulannya yaitu pada akhir bulan.
  6. Cultural
    • Sistem dapat melakukan pemilihan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris untuk antar muka.
    • Data pribadi pengguna tidak boleh disebarluaskan.

Rincian tim pengembang

  • Project manager
  • Frontend developer
  • Backend developer
  • System analyst
  • Quality assurance
  • UI/UX designer


Comments

Popular posts from this blog

Membuat Website Curriculum Vitae Online

Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan B