Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan B

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Pada kesempatan kali ini kami dari kelas Rekayasa Kebutuhan B yang beranggotakan : 

  • Ridho Ajiraga Jagiswara (05111940000170)
  • Ahmad Luthfi Hanif (05111940000179)

Akan membahas tentang Proses Requirement Engineering dari studi kasus "Portal Game Edukasi". Perangkat lunak ini merupakan sebuah Website portal game berbasis edukasi yang digunakan sebagai sarana pendidikan untuk mempermudah proses belajar mengajar bagi segala kalangan. 

Berikut dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dari perangkat lunak tersebut :


1. Elicitating (Elisitasi)

Proses Elisitasi dilakukan dengan wawancara terhadap calon pengguna atau stakeholder yang akan membangun Website Portal Game Edukasi. Hasil wawancara yang didapatkan adalah sebagai berikut :
  • Pengguna/Pemain : Dapat memainkan game yang disediakan secara streaming serta dapat memberi feedback dan review terhadap game yang dimainkan.
  • Developer : Dapat mengunggah hasil karya game yang telah dikembangkan ke web portal serta melihat feedback dan review dari pengguna.
  • Admin : Dapat mengelola seluruh data dan informasi seperti penyimpanan data file game,artikel,akun developer maupun advertising yang akan ditampilkan pada web portal.
2. Understanding (Pemahaman)

Dari hasil wawancara dan mendapatkan kebutuhan sistem secara umum, maka dapat dipahami bahwa perlu dibangun perangkat lunak ini yang dapat mencakupi hal-hal berikut : 
  • Memainkan game secara streaming
  • Melakukan pencarian game
  • Mengelola rating game
  • Mengelola feedback game
  • Mengelola artikel
  • Mengelola advertising
  • Mengelola game yang akan dipublish
  • Mengunggah game ke dalam web portal
  • Mengelola developer pada web portal
3. Specifying (Menspesifikasikan)

Berdasarkan hasil dari wawancara dan pemahaman kebutuhan dari pengguna, maka dapat digambarkan spesifikasi perangkat yang diperlukan agar sistem dapat berjalan sebagai berikut :
  • Sistem harus dapat mencatat seluruh transaksi terkait yang terjadi pada pengaksesan website sehingga dapat mempermudah dalam penanganan suatu masalah.
  • Sistem menggunakan bahasa Indonesia agar dipahami oleh semua pengguna.
  • UI dari aplikasi pada sisi client berupa page atau halaman pada website yang dapat diakses pada sistem operasi windows maupun linuc dengan menggunakan software web browser seperti mozilla firefox, google chrome, internet explorer, javascript telah dihidupkan dan terinstal komponen flash player untuk mendukung proses game.
  • Sistem dapat bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
  • Sistem memiliki respon time kurang dari 1 menit untuk setiap aksi pergantian page. Sistem memiliki waktu respon kurang dari 2 menit untuk setiap proses load game. Sistem meiliki waktu respon kurang dari 1 menit untuk setiap proses pencarian game.
  • Sistem server menggunakan operasi windows dan client menggunakan sistem operasi Microsoft Windows maupun Linux.
  • Sistem dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.
  • Sistem dibangun dengan menggunakan database MySql.
  • Sistem memiliki proses keamanan pada penyimpanan data password developer menggunakan teknik enkripsi password ASCI + 2.
4. Validating (Memvalidasi)

Berikut adalah tahapan-tahapan untuk menguji dan memvalidasi apakah sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna :
  • Tahap pertama : Mendiskusikan dan mengajukan rancangan basis data, arsitektur, dan aplikasi web portal kepada penyelenggara sistem. Selain itu, melakukan beberapa revisi apabila diperlukan.
  • Tahap kedua   : Melakukan unit testing, integration testing, dan functional testing pada aplikasi yang sedang dikembangkan.
  • Tahap ketiga   : Melakukan uji coba aplikasi terhadap sample user. Mengevaluasi dan melakukan revisi terhadap kendala dan saran yang diberikan oleh user selama tahap pengujian.
  • Tahap keempat : Melakukan deployment aplikasi website serta melakukan maintenance secara berkala terhadap website.
5. Output

Dari seluruh tahapan rekayasa kebutuhan yang telah dijelaskan di atas, diperoleh output berupa :
  • Perangkat lunak berupa Website Portal Game Edukasi
  • Infrastruktur Sistem Informasi

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Website Curriculum Vitae Online

Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan B